Saya Baru Tahu Cara Membuka Set Die Cast

Saya Baru Tahu Cara Membuka Set Die Cast

https://jemberdiecast.wordpress.com/2008/12/10/baru-tahu-nih-cara-membuka-set-die-cast/

Beberapa koleksi die cast memiliki sistem yang berbeda dalam hal assembly tergantung brand atau manufakturnya. Sistem assembly ada yang bersifat paten dan tidak. Brand seperti Tomica, Welly, Kyosho, Hotwhells dan Matchbox menerapkan sistem paten pada koleksi diecast 1:64 yang saya punya. Paten artinya permanen assembly sedangkan koleksi dari Jada dapat dibuka dengan mudah karena menggunakan sistem screw saja.
Custom Die Cast
Untuk mengcustom diecast kita khususnya sampai bagian dalam atau interiornya, maka kita perlu membuka minimal body luar dari die cast. Dengan kondisi tersebut akan sangat memungkinkan bagi kita untuk melakukan modifikasi pada bagian dalam. Untuk jenis seperti Jada akan sangat mudah melakukan hal itu tetapi untuk jenis lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas ternyata memerlukan langkah tambahan untuk melepaskan body dari bagian chassis dan dalam mobil.
Saya pernah mendengar bahwa untuk membuka locking assembly dapat dilakukan dengan menggunakan burring (proses bor) dengan mata bor yang disesuaikan dengan diameter lubang. Hari ini saya sudah mencoba membuka satu koleksi murah saya, Aston Martin – Alfa GT warna silver buatan Welly. Hasilnya, saya berhasil membukanya dengan proses tersebut tanpa merusak bagian chassis yang terbuat dari plastik.
welly-aston-martin-part-breakdown
Setelah berhasil membuka, saya langsung mencopot semua bagian untuk mengetahui secara lebih detail part demi part didalamnya. Hasilnya, satu set mobil terdiri dari :

– Body : Glass & Metal body
– Interior set : interior part (termasuk seat) & front dashboard (termasuk setir kendali)
– Chassis set : main chassis, holder (untuk mengunci roda), dan roda
Sebagai informasi, semua part terbuat dari plastik hanya body luar saja yang terbuat dari metal die cast.
Penting dan perlu diingat bahwa membuka paten locking condition artinya ada bagian yang dirusak yang dalam hal ini adalah mengikis bagian metal locking yang terdapat pada bagian bawah mobil. Tetapi tidak perlu khawatir dalam melakukan proses burring, selama dilakukan dengan ukuran mata bor yang tepat (artinya sedikit lebih kecil dari lubang locking pada chassis yang terbuat dari plastik) dan hati-hati maka hasilnya akan memuaskan. Pengalaman pertama saya sendiri menggunakan alat dari bosch langsung mendapatkan hasil yang bagus. Tidak terdapat kerusakan pada part yang lain dan pada akhirnya body luar dapat dibuka dengan proses yang mulus. Dapat disimpulkan bahwa keseluruhan proses sangat mudah. Beberapa model, memiliki lebih dari satu locking point berarti untuk membuka body maka perlu waktu lebih banyak untuk membuka satu persatu bagiannya.
Jika anda beginner seperti saya, baru mau mencoba maka anda tidak perlu ragu untuk melakukan atau anda bisa menggunakan model percobaan dengan memilih mobil biasa yang murah jika pada awalnya anda takut.
Selamat mencoba !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat miniatur stadion dari kardus bekas

Cara Mengganti Ban Hot wheels plastik ke ban karet

Mencoba Kreasi Lampion dari Bahan Gelas Plastik Bekas